PGTK Semesta berdedikasi untuk mendidik anak-anak agar mencapai potensi maksimal mereka melalui keunggulan dalam pendidikan, serta berkomitmen untuk mendukung perkembangan intelektual, moral, budaya, emosional, sosial, perkembangan fisik dan motorik semua siswa dalam lingkungan yang aman.
Dengan demikian, siswa dapat berkembang secara efektif di masyarakat sebagai individu yang berkompeten, produktif, peduli, dan bertanggung jawab. PGTK Semesta juga mempersiapkan siswa untuk lebih siap menghadapi masa depan serta membantu mereka mengembangkan rasa ingin tahu yang dan semangat belajar yang tinggi.
Pengalaman (Experience)
Metode pembelajaran yang paling diharapkan untuk anak usia dini adalah melalui keterlibatan langsung dan pengalaman nyata.
Aktif (Active)
Anak-anak seharusnya terlibat dalam pembelajaran mereka sendiri melalui pengalaman yang direncanakan dengan baik, yang membantu mereka mengembangkan kompetensi, kemandirian, keterikatan emosional, dan rasa harga diri.
Keseimbangan (Balance)
Pembelajaran harus mendorong keseimbangan antara perkembangan fisik, kognitif, bahasa dan komunikasi, serta sosial dan emosional.
Bermain (Play)
Pembelajaran harus sesuai dengan usia, berbasis bermain, dan berpusat pada anak. Kegiatan yang dilakukan harus mencakup aktivitas yang dipimpin oleh anak maupun oleh orang dewasa.
Transisi
Pendidikan anak usia dini harus membantu anak-anak bertransisi dengan sukses ke sekolah dasar, dari pembelajaran berbasis bermain yang tidak formal menuju pengajaran yang lebih formal.
PGTK Semesta melaksanakan pendekatan holistik yang berfokus pada perkembangan anak usia dini secara keseluruhan dan menghubungkan perkembangan mereka dengan dunia dan orang-orang di sekitarnya.
Dibangun berdasarkan lima area utama perkembangan anak usia dini:
Mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan melalui pendekatan spiral, dengan cara mengulang dan mendalami topik serta keterampilan di setiap tahap.
Spiral approach atau pendekatan spiral adalah metode pembelajaran atau pengajaran yang melibatkan pengulangan materi secara bertahap dengan semakin mendalam pada setiap tahapnya. Dalam pendekatan ini, topik atau konsep yang sama diperkenalkan pada siswa di berbagai tahap pendidikan, namun dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat seiring waktu. Tujuannya adalah untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan siswa dengan cara yang berkesinambungan, memungkinkan mereka untuk membangun pengetahuan secara bertahap dan lebih mendalam.
Membantu peserta didik memenuhi tonggak perkembangan anak usia dini yang telah ditetapkan secara internasional. Meskipun setiap anak berkembang pada tingkat yang berbeda, kurikulum ini memberikan struktur untuk pengajaran dan pembelajaran yang membantu memantau dan mendukung kemajuan setiap anak.
Mendukung pendekatan bilingual atau multilingual untuk peserta didik
Mempersiapkan peserta didik untuk bertransisi dengan mudah ke Sekolah Dasar atau tahap pendidikan selanjutnya.
PGTK Semesta menggunakan Cambridge Curriculum, yaitu Cambridge Early Years
Cambridge Early Years adalah program untuk anak usia 3-6 tahun. Program ini memberikan awal terbaik bagi para pembelajar muda, membantu mereka mencapai tonggak perkembangan utama di usia dini dan berkembang baik di dalam maupun di luar sekolah. Cambridge Early Years merupakan tahap pertama dalam Cambridge Pathway, yang memberikan jalur yang jelas menuju keberhasilan pendidikan bagi siswa dari usia 3 hingga 19 tahun.
Delapan area kurikulum kami membantu Anda untuk membimbing dan mendukung kemajuan di semua area perkembangan.
Agama dan Budi Pekerti
Dalam area agama dan budi pekerti siswa didorong untuk mengenali dan memahami konsep ketuhanan sesuai dengan agama mereka masing-masing, membangun kesadaran spiritual melalui ibadah, doa, dan meditasi, mengembangkan nilai-nilai moral seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab, serta mempraktikkan nilai-nilai toleransi, empati, dan rasa hormat terhadap keragaman.
Komunikasi dan Literasi
Berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis sangat penting bagi perkembangan anak-anak di usia dini. Menunjukkan kepada anak-anak pentingnya bahasa melalui aktivitas yang menyenangkan dan mendorong mereka untuk berinteraksi dengan berbagai jenis teks membantu membangkitkan rasa ingin tahu yang berkelanjutan untuk belajar.
Ekspresi Kreatif
Ekspresi kreatif memungkinkan anak-anak untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka dan mengembangkan imajinasi mereka melalui seni dan desain, musik, tari, dan drama. Area penting ini menggabungkan keterampilan dan proses kognitif dari seluruh kurikulum.
Matematika
Pada usia dini, penting untuk membantu anak-anak mengenali bagaimana matematika mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Melalui permainan dan aktivitas, kami dapat memperkenalkan anak-anak pada bahasa matematika, pemikiran, dan konsep yang mereka butuhkan ketika memulai pendidikan dasar mereka.
Perkembangan Fisik
Kurikulum kami mendorong anak-anak untuk mengembangkan keterampilan gerak melalui bermain, membantu mereka mengembangkan sikap positif terhadap olahraga dan meletakkan dasar untuk kehidupan yang sehat dan aktif.
Keterampilan Motorik Halus
Kurikulum kami fokus pada peningkatan keterampilan motorik halus anak-anak melalui kegiatan yang menarik dan bermakna. Kegiatan-kegiatan ini dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan ketepatan, koordinasi, dan kontrol dalam gerakan tangan dan jari mereka. Melalui menggambar, memotong, merenda, membangun, dan tugas-tugas praktis lainnya, kami bertujuan untuk membangun keterampilan dasar yang diperlukan untuk menulis, ekspresi kreatif, dan tugas sehari-hari.
Perkembangan Pribadi, Sosial, dan Emosional
Area ini sangat penting bagi kehidupan anak-anak. Ini mendasari kesejahteraan mereka dan pencapaian mereka di semua area pembelajaran lainnya. Area ini membantu mereka mengembangkan pembelajaran sosial dan persahabatan, mengatur respons emosional mereka dan merespons kebutuhan orang lain, serta mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri.
Memahami Dunia
Area kurikulum ini mendorong rasa ingin tahu alami anak-anak saat mereka menjelajahi dunia di sekitar mereka. Ini meletakkan dasar untuk berbagai subjek di pendidikan dasar dan seterusnya, termasuk sains, literasi digital, komputasi, dan humaniora.